(0411) 452653 | 08114450855 | admin[at]pta-makassarkota.go.id |   Jam Layanan & Fasilitas | Pengadilan Agama Sulselbar
PERHATIAN : Hati-Hati Terhadap Tindakan Penipuan Yang Mengatasnamakan Pimpinan, Pejabat dan Pegawai Pengadilan Tinggi Agama Makassar Terkait Dengan Perkara, Janji Mutasi dan Promosi dengan Permintaan Imbalan Sejumlah Uang.

PTA Makassar Ikuti Launching Aplikasi (SIMTEPA), Access CCTV Online (ACO), Penyerahan Piagam Rekor MURI dan Sertifikat Pelayanan Prima Via Zoom

Berdasarkan Surat Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama Nomor : 1260/DjA/HM.02.3/3/2022 tanggal 7 Maret 2022, Pengadilan Tinggi Agama Makassar mengikuti Launching Aplikasi SIMTEPA dan Access CCTV Online (A C O) dilanjutkan dengan penyerahan piagam penghargaan Rekor Dunia Indonesia MURI kepada Ketua Mahkamah Agung RI dan penyerahan sertifikat Pelayanan Prima dari Kemenpan RB oleh Ketua Mahkamah Agung kepada Dirjen Badilag dan penyerahan piagam Prestasi Kinerja Satker di lingkungan Peradilan Agama.

Ketua, Hakim Tinggi, Pejabat Struktural dan Fungsional serta seluruh Staf Pengadilan Tinggi Agama Makassar mengikuti acara via zoom tepat pukul 20.00 Wita hari Minggu tanggal 13 Maret 2021. Acara Launching dihadari langsung oleh Ketua Mahkamah Agung RI, para Petinggi di lingkungan Mahkamah Agung RI dan Ketua 4 (Empat) Peradilan di lingkungan Mahkamah Agung, serta seluruh Pengadilan Tinggi Agama dan Pengadilan Agama seluruh Indonesia.

Acara diawali dengan pembacaan ayat-ayat Alquran dan pembacaan doa dilanjutkan dengan Laporan Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H.,M.H. tentang maksud dan tujuan diselenggarakannya acara tersebut antara lain, menurut Beliau Badilag telah membangun SIMTEPA adalah aplikasi Sistem Manajemen tenaga Teknis Peradilan Agama yang merupakan aplikasi pendukung SIKEP Mahkamah Agung RI yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan Badilag secara cepat, tepat dan akurat dalam proses pengambilan kebijakan terkait promosi dan mutasi tenaga teknis di lingkungan Peradilan Agama yang hanya membutuhkan waktu 2 hari yang sebelum adanyanya aplikasi membutuhkan waktu 5 hari baru dikirim.

Selain itu Bapak Dirjen juga menjelaskan bahwa Badilag telah mengembangkan  aplikasi CCTV online yang disingkat A.C.O atau Access CCTV Online dari 4 titik saat ini menjadi 9 titik yang merupakan wujud trasparansi pengawasan, monitoring kinerja mutu pelayanan dan pelaksaaan tugas seluruh Peradilan Agama.  Selain itu  melalui aplikasi ini Badilag juga dapat melakukan pengawasan praktek suap, gratifikasi, pungli dan calo perkara di pengadilan agama. Ke 9 titik yang dimaksud Bapak Dirjen adalah ruang PTSP, ruang tunggu sidang, halaman apel, ruang hakim, ruang kepaniteraan, ruang kesekretariatan, ruang tamu terbuka, kantin,  halaman parkir dan mushollah.

Inovasi aplikasi Access CCTV Online tersebut menurut Beliau telah mengantarkan Direktorat Jenderal Badilag meraih penghargaan Rekor Dunia Indonesia MURI sebagai “Lembaga yudikatif dengan koneksi CCTV secara daring terbanyak” yaitu 4000 titik CCTV  pada 441 Satuan Kerja Peradilan Agama selain itu pada acara ini Bapak Dirjen juga melaporkan beberapa capaian prestasi Dirjen Badilag di tahun 2021.

URL Singkat : https://pta-makassar.go.id/qrk

  • Jumlah Perkara Banding Yang Diterima Pada Tahun 2021
  • Jumlah Perkara Banding Yang Diterima Pada Tahun 2022

Agenda Kegiatan

Agenda Kegiatan Pimpinan serta Kegiatan Pada PTA Makassar
May 2024
Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31

Pimpinan, Panitera & Sekretaris

Ketua

DR. Drs. H. Abu Huraerah, S.H., M.H.

Wakil Ketua

Dr. Drs. Khaeril R, M.H.

Panitera

Drs. Musbir

Sekretaris

Abdul Mutalip, S.Ag., S.H., M.H.


"Curahkan Tenaga dan Pikiranmu Untuk Meningkatkan
Pelayanan Kepada Para Pencari Keadilan Demi Terwujudnya
Citra Lembaga Peradilan Agama Yang Berwibawa dan Dihormati." - Drs. H. M. Juzmi Hakim, SH.

© 2022 Pengadilan Tinggi Agama Makassar. All Rights Reserved.

ipv6 ready