(0411) 452653 | 08114450855 | admin[at]pta-makassarkota.go.id |   Jam Layanan & Fasilitas | Pengadilan Agama Sulselbar
PERHATIAN : Hati-Hati Terhadap Tindakan Penipuan Yang Mengatasnamakan Pimpinan, Pejabat dan Pegawai Pengadilan Tinggi Agama Makassar Terkait Dengan Perkara, Janji Mutasi dan Promosi dengan Permintaan Imbalan Sejumlah Uang.

Pembinaan Tuaka Agama MA RI dan Dirjen Badilag

Ketua Kamar Agama Mahkamah Agung RI Dr. H. Amran Suadi, S.H.,M.H., menyampaikan pembinaan teknis yustisial yang dihadiri oleh Pimipinan PTA Makassar, Hakim Tinggi, para pejabat struktural dan fungsional serta seluruh Ketua Pengadilan Agama sewilayah PTA Makassar.

Pembangunan Zona Integritas, Ekonomi Syariah, persidangan di era elektronik, permasalahan hukum di tingkat kasasi dan tentang eksekusi  diterangkan oleh Ketua Kamar Agama MA RI di Aula Pengadilan Tinggi Agama Makassar Jl. AP. Pettarani No. 66 Makassar pada hari Kamis tepat pukul 19.00 Wita tanggal 13 Februari 2020.
YM. Tuaka Agama memberikan beberapa arahan kepada seluruh peserta pembinaan mengenai integritas, moralitas dan profesionalitas. Integritas dan moralitas bagi hakim sangat erat hubunganya dengan Kode Etik Hakim dan Pedoma Perilaku Hakim (PPH).
Pembinaan oleh Tuaka Agama diakhiri dengan sesi tanya jawab yang berkaitan dengan materi pembinaan yang telah disampaikan dan masalah-masalah teknis yustisial lainnya yang dialami oleh para Ketua Pengadilan Agama sewilayah PTA Makassar.


Dalam kesempatan itu juga pembinaan dilanjutkan oleh Bapak Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H., M.H., yang dimulai pada pukul 22.00 Wita.
Dijen Badilag menekankan kepada seluruh peserta pembinaan agar selalu cepat merespon dan melaksanakan kebijakan dan program unggulan Dirjen Badilag, diantaranya Pembangunan Zona Integritas, Implementasi APM, penerapan K3 (Kebersihan, Keindahan dan Kerapian) dalam pelayanan persidangan dan penerapan 9 aplikasi unggulan Dirjen Badilag dan 2 aplikasi tambahan yang telah disosialisasikan pada saat Rapat Koordinasi yang dilaksanakan di Denpasar Bali belum lama ini.
“Peradilan Agama harus bisa mengatasi persoalan dan hambatan yang muncul dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya, inovasi-inovasi tersebut harus diterapkan untuk meningkatkan kualitas layanan publik dan sistem administrasi pengadilan menjadi lebih baik” demikian pangkasnya.


Pembinaan diakhiri dengan peluncuran aplikasi “EWAKO” (Elektronik Pengawasan Komprehensif) oleh Dirjen Badilag,  aplikasi tersebut hasil karya Tim IT PTA Makassar sebagai aplikasi yang dapat mengontrol kinerja seluruh Satker Pengadilan Agama dalam wilayah PTA Makassar khususnya dalam hal penyelesaian perkara dan Aplikasi Buku Tamu Online Pengadilan Agama sewilayah Pengadilan Tinggi Agama Makassar


Bapak Dirjen Badilag meninggalkan Kantor PTA Makassar dengan symbol khas Sulsel “songko pamiring” (songkok khas adat bugis-makassar) dan “sarung sutra” sebagai tali asih dan ungkapan terima kasih atas kunjungan dan pembinaan beliau.

 

URL Singkat : https://pta-makassar.go.id/48y

  • Jumlah Perkara Banding Yang Diterima Pada Tahun 2021
  • Jumlah Perkara Banding Yang Diterima Pada Tahun 2022

Agenda Kegiatan

Agenda Kegiatan Pimpinan serta Kegiatan Pada PTA Makassar
May 2024
Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31

Pimpinan, Panitera & Sekretaris

Ketua

DR. Drs. H. Abu Huraerah, S.H., M.H.

Wakil Ketua

Dr. Drs. Khaeril R, M.H.

Panitera

Drs. Musbir

Sekretaris

Abdul Mutalip, S.Ag., S.H., M.H.


"Curahkan Tenaga dan Pikiranmu Untuk Meningkatkan
Pelayanan Kepada Para Pencari Keadilan Demi Terwujudnya
Citra Lembaga Peradilan Agama Yang Berwibawa dan Dihormati." - Drs. H. M. Juzmi Hakim, SH.

© 2022 Pengadilan Tinggi Agama Makassar. All Rights Reserved.

ipv6 ready